Mengenal Text Editor Untuk Pemrograman

Apa itu text editor? mengenali text editor dan macam-macam text editor

Apa itu Text Editor?

Text editor adalah suatu software yang memungkinkan kita membuka, menlihat dan mengubah plain text atau teks biasa.

Text editor digunakan oleh banyak orang untuk berbagai tujuan, salah satunya untuk pemrograman. Berikut adalah beberapa text editor gratis yang bisa kalian coba.

1. Atom

Mengenal text editor untuk pemrograman web

Atom dirilis pada tahun 2015, dan sejak saat itu telah menjadi text editor open source untuk platform MacOs, Linux dan juga mendukung Microsoft Windows.

Atom juga memungkinkan penggunanya untuk bergabung dengan komunitas pengguna yang telah menggunakan editor ini untuk berbagai keperluan.



2. Visual Studio Code

Mengenal text editor untuk pemrograman web

Sama seperti Atom, Visual Studio Code dirilis ditahun 2015 dan mendukung platform MacOS, Linux dan Microsoft Windows.

Visual Studio Code datang dengan berbagai fitur yang termasuk perintah GIT inbuilt, Teknologi IntelliSense, dan bahkan fitur untuk debug secara langsung. Visual Studio Code juga terbukti lebih cepat dan lebih efisien jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang serupa.

3. Brackets


Ada beberapa versi Brackets yang mendukung OS Linux, Windows, dan bahkan Mac OS. Dengan UI yang terlihat sederhana dan tampaknya tidak canggih, tetapi itu terbukti salah karena Brackets mempunyai beberapa fitur terbaik didalamnya.

Brackets mendukung mode layar terbagi dan bahkan fitur Live Preview. Jadi pengguna mendapatkan kemampuan multitasking yang fantastis dan fitur real-time yang membuat penggunaan aplikasi ini lebih intuitif.

4. Sublime Text

Mengenal text editor untuk prmrograman

Sublime Text termasuk text editor yang ringan, tapi meskipun ringan fitur didalamnya sangat banyak dan memiliki beberapa pintasan keyboard yang membuatnya lebih fleksibel bagi pengguna untuk menggunakan berbagai fungsi.

Sublime Text mendukung integrasi lintas platform dan telah dioptimalkan untuk kecepatan cepat dan antarmuka yang mudah digunakan. Sublime Text tersedia untuk masa uji coba gratis.



5. Notepad++

Mengenal Text editor untuk pemrograma

Notepad ++ hanyalah versi peningkatan notepad yang dapat kita lihat di OS Windows. Notepad++ tentunya punya banyak kelebihan dibanding Notepad biasa, semisalkan kita dapat membuka dokumen di tab yang berbeda dan juga mengedit beberapa file secara bersamaan tanpa harus menutup tab lainnya.

Pengguna mendapatkan lebih banyak fleksibilitas dalam mengontrol tab secara bersamaan. Notepad++  merupakan alternatif yang tepat jika ingin memasang text editor yang ringan. Dan satu hal lagi, aplikasi ini hanya kompatibel dengan OS Windows saja.

Kesimpulannya jika kalian ingin fitur yang lengkap mungkin bisa coba Atom atau Visual Studio Code atau Brackets, tapi jika ingin menggunakan text editor yang ringan bisa dicoba Sublime Text atau Notepad++.

Sampai disini artikel kali ini dan sampai jumpa lainnya. Terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar